Periodontik

Dokter gigi spesialis Periodonsia berfokus pada upaya pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit gusi akibat plak dan noda pada gigi. Perawatan periodontal bergantung pada kondisi setiap pasien, mencakup pembersihan gigi untuk menghilangkan plak dan mencegah pertumbuhan bakteri serta perawatan bedah untuk mengembalikan gigi pada bentuk yang utuh.

Crown Lengthening

Crown Lengthening adalah prosedur untuk meningkatkan kesehatan jaringan gusi dengan memperluas area gigi menjadi lebih besar, dan pada umumnya dilakukan prosedur tambahan perawatan perbaikan gigi yang rusak.

Prosedur dilakukan dengan anestesi lokal dan dilakukan pada satu atau beberapa gigi, sesuai dengan kebutuhan pasien. Crown Lengthening merupakan operasi kecil, dan relatif tanpa rasa sakit.

Kuretase

Kuretase gigi adalah perawatan pembersihan kantong gusi dengan menghilangkan jaringan granulasi, karang gigi, dan noda dari permukaan akar di dalam gusi. Terdapat dua jenis kuretase yaitu kuretase tertutup dan terbuka.

Kuretase tertutup merupakan prosedur sederhana untuk membersihkan jaringan terinfeksi sekitar gigi dengan menggunakan alat khusus. Kuretase terbuka dilakukan dengan anestesi lokal dimana gusi dipotong agar jaringan terinfeksi mudah terlihat dan dibersihkan. Pasca operasi, gusi dijahit dan jahitan tersebut diangkat setelah 7 hari. Pada umumnya, perawatan tersebut memerlukan lebih dari satu kunjungan janji dokter.

Scaling and Root Planing

Scaling dan root planing merupakan salah satu cara non-bedah yang paling efektif untuk menyembuhkan penyakit gusi sebelum menjadi parah dengan membersihkan area di antara gusi, gigi serta akar gigi. Scaling adalah proses menghilangkan noda dan karang gigi dari permukaan gigi.

Root planing membersihkan permukaan akar gigi dari jaringan terinfeksi. Prosedur ini pada umumnya tidak sakit, namun terkadang ada sedikit ketidaknyamanan seperti gigi sensitif terhadap suhu. Menyikat gigi dan flossing harus dilakukan secara lebih hati-hati agar tidak memperburuk kondisi gusi. Dokter gigi spesialis Periodonsia akan memberikan panduan cara perawatan gigi selama periode pemulihan. Dengan perawatan gigi yang baik dan benar pasca prosedur, gusi akan sembuh dalam waktu singkat.

Gingivektomi

Ketika gusi Anda membesar/bengkak, dokter gigi spesialis Periodonsia mungkin menyarankan prosedur gingivektomi. Gingivektomi adalah prosedur bedah dengan membentuk kembali bentuk normal gusi gusi serta membuang jaringan gusi yang terinfeksi. Walaupun prosedur tersebut relatif tanpa sakit, anestesi lokal diberikan untuk kenyamanan pasien, Lokasi pasca bedah mungkin terasa nyeri selama 24-48 jam dan hal ini wajar.

Resep obat anti nyeri dan bengkak diberikan untuk meringankan rasa tidak nyaman. Pasien dianjurkan mengunjungi dokter seminggu setelah operasi untuk memantau proses pemulihan.

Flap Debridement

Prosedur flap debridement diperlukan jika penyakit gusi sudah kronis dan merusak struktur penyangga gigi. Untuk kenyamanan pasien, prosedur menggunakan anestesi local, dimana dokter Spesialis Periodonsia membuka gusi untuk membersihkan akar gigi dan memperbaiki tulang yang rusak. Lokasi pasca bedah mungkin terasa nyeri selama 24-48 jam dan hal ini wajar.

Resep obat anti nyeri dan bengkak diberikan untuk meringankan rasa tidak nyaman. Pasien dianjurkan mengunjungi dokter seminggu setelah operasi untuk memantau proses pemulihan. Panduan untuk perawatan pemulihan pasca operasi diberikan untuk kenyamanan pasien.